Hati-hati Akun Facebook Palsu!

Ada banyak penipuan di dunia maya salah satunya FB (facebook), media sosial yang satu ini sering dipakai orang untuk menipu dan memperdayai korbannya. Mulai dari meminta bantuan, toko online palsu, judi, dan lain-lain.

Kali ini saya bukan membahas topik-topik tersebut, tetapi saya mau share sedikit bagaimana caranya mengetahui account facebook orang lain benar atau palsu. Bukan maksud saya mencurigai orang lain atau sok usil, tetapi biar kita lebih was-was dan berhati-hati saat menerima pertemanan dari orang lain yang tidak kita kenal.

Ketika orang mengajak untuk pertemanan di facebook pertama yang kita lihat adalah ‘foto prifile’, ini jebakan pertama yang paling ampuh untuk mengelabuhi para korban apalagi kalau fotonya wanita dan berparas ayu. So.. bagi temen-temen cowok harus cermat ya, pastikan dia (si pengajak pertemanan) memiliki foto profile lebih dari satu. Memang foto profile tidak menjadi acuan seratus persen benar namun setidaknya kita jangan langsung terpengaruh untuk langsung menyetujui pertemanan.

Perhatikan pula ‘mutual friend’ atau friendnya teman kamu itu ternyata friendmu juga, ini penting sekali! Jangan sembarangan menerima orang yang bukan dari mutual friend kecuali memang kita sudah tahu. Orang-orang akan mencari target (acak) siapa saja yang aktif di facebook dan biasanya mereka sengaja mengajak pertemanan untuk menaikan rating.

Jangan lupa untuk membaca biography orang tersebut. Biasanya orang 'iseng' sengaja menutupinya atau sedikit sekali memberikan info mengenai siapa dirinya.

Btw, untuk kita bisa mengenali foto profile tersebut asli atau palsu simak tips dibawah ini;

Pertama buka browser di PC atau di Gadget, kemudian buka situs www.google.com/imghp lihat petunjuk no.1, kemudian klik icon 'search by image' seperti petunjuk no.2
Maka akan muncul tampilan seperti petunjuk no.3
Copy dan paste-kan link URL dari foto profil facebook orang yang akan mengajak pertemanan
(Sekedar info: Akun FB ini saya ambil sebagai contoh saja)

Cara meng-copy URL buka foto profil lalu klik kanan "copy image address" seperti petunjuk no.5, lalu pastekan di kolom search by image (petunjuk no.3)
Lihat hasilnya, ternyata foto-foto tersebut milik seorang artis penyanyi dangdut "Baby Zee" bukan pemilik akun @CewekCantikHot.
Foto-foto tersebut juga sengaja diunduh dari akun Twitter dan Youtube pemilik asli.
Dan sumber foto (gambar) juga didapat dari Google Image

Jadi siapa sebenarnya pemilik asli foto-foto tersebut? Temen-temen bisa menentukan jawabanya sendiri. Sebelum kita menyetujui orang lain mengajak pertemanan, alangkah bijaknya kita mencari tahu terlebih dahulu status kebenaran orang tersebut.

Demikian tips sederhana dari saya, semoga bisa membantu.

2 comments

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan