4 Tips Aman Mudik Lebaran

Budaya pulang kampung mudik lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang bekerja merantau di kota-kota besar. Kesempatan yang hanya sekali setahun dan momen untuk berkumpul bersama sanak family tidak dilewatkan begitu saja. Banyak hal yang perlu dipersiapkan mulai dari belanja oleh-oleh, antri beli tiket atau mempersiapkan kendaraan pribadi. Khususnya bagi yang mudik menggunakan fasilitas umum seperti angkutan bis, kereta api, pesawat, atupun kapal laut wajib mempersiapkan perbekalan. Ingin tahu kira-kira apa saja yang kudu dipersiapkan? Yuk, kita simak ulasan berikut;

Pertama, daftar barang bawaan.

Sebelum berangkat bepergian sebaiknya buatlah daftar barang-barang apa saja yang sekiranya perlu dibawa, hal ini untuk meminimalisasi kemungkinan lupa. Jika perlu buat list kira-kira apa saja yang akan dibawa, mulai barang-barang yang penting, kurang penting dan yang tidak penting-penting banget. Lebih baik ribet sedikit dari pada nanti ditengah jalan baru keingat ada yang ketinggalan, sayang dong.. sudah jauh-jauh tidak mungkin balik kembali hanya karena ketinggalan satu barang saja, hehe.. pengalaman pribadi soalnya.

Kedua, Jangan lupa bawa P3K!

Bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi P3K wajib dibawa! Hal ini untuk mempersiapkan jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (semoga saja tidak). Trus.. apa perlu bagi yang menggunakan kendaraan umum seperti bis atau kereta api? Yup, lebih baik dibawa saja takut menghindari kejadian yang tidak-tidak, contohnya; siapa tahu dijalan perut kembung atau masuk angin gara-gara telat makan, atau tiba-tiba kepala pusing mendadak stres akibat jalanan macet parah.

Ketiga, baterai dan cukup pulsa.

Yang satu ini juga tidak kalah penting, hampir bisa dibilang rata-rata setiap orang sudah menggunakan gadget seperti HP (hand phone). Apalagi yang memiliki lebih dari satu HP, wajib bawa charger atau power bank hal ini untuk menghindari miskomunikasi. Selain buat komunikasi media mungil yang satu ini juga memberi hiburan tersendiri bagi pemudik sekedar melepas penat dengan chating, browsing, atau skedar dengering musik.

Keempat, kondisi tubuh harus fit.

Ini yang jauh lebih penting jangan memaksa pergi jika kondisi tubuh tidak fit! spele memang, tetapi jika tidak diperhatikan malah yang terjadi nanti sampai tujuan drop (sakit). Bukanya malah senang-senang di kampung eh.. terpaksa harus pergi ke dokter. Yang perlu diperhatikan adalah setamina tubuh harus prima, ini penting sekali bagi para raider atau pengemudi mobil. Jika rasa tubuh sudah letih dan capek istirahatlah sejenak setelah stamina kembali cukup baru kembali melanjutkan perjalanan.

Dari  keempat tips tadi merupakan pengalaman pribadi yang sudah-sudah waktu mudik lebaran, masing-masing pasti memiliki pengalaman tersendiri. Buat temen-temen yang mudik kali ini baik-baik mempersiapkan diri ya..:), selain kondisi tubuh harus prima keuangan kantongpun juga harus mencukupi.  Yuk, mudik lebaran dengan aman dan semoga sampai tujuan dengan selamat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan