Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Momen lebaran merupakan saat yang dinanti-natikan bagi umat muslim, khususnya bagi yang sedang hijrah ke kota-kota besar merantau. Bagi yang bekerja atau study mudik lebaran merupakan momen dimana kesempatan untuk bersilahturahmi atau berkumpul dengan saudara, kerabat, maupun family. Khususnya bagi tahun ini yang sudah merencanakan mudik lebaran, yuk.. mari kita simak tips aman mudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Pertama, persiapkan kondisi kendaraan Anda.
Mengecek kondisi motor baik oli, mesin, maupun bahan bakar adalah cara yang harus dilakukan sebelum berkendara apalagi rute yang ditempuh cukup jauh. Pastikan kondisi sepeda motor Anda ekstra prima, jika perlu service dahulu kelayakan sebelum melakukan perjalanan.

Kedua, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan.
Membawa barang bawaan secukupnya adalah cara yang bijaksana, selain lebih praktis juga tidak membebani muatan khususnya yang berboncengan. Selain lebih aman juga tidak membuat beban yang berlebih.

Ketiga, pakailah perlengkapan berkendara yang memenuhi standar.
Selain menggunakan helem standar pakailah pakaian yang memberikan kenyamanan saat berkendara, hindari pakaian yang terbuka atau yang terlalu tebal untuk menghindari kondisi cuaca yang panas disiang hari.

Keempat, patuhilah rambu-rambu lalu lintas.
Demi keselamatan berkendara patuhilah rambu-rambu lalulintas. Selama berkendara wajib mematuhi dan tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Kelima, beristirahat jika kondisi lelah.
Karena kondisi jalanan yang sangat padat kecermatan berkendara sangat-sangat dibutuhkan, jika tubuh sudah letih dan capek carilah tempat untuk beristirahat sejenak. Jangan dipaksakan saat kondisi ngantuk jika perlu berhentilah diposko-posko mudik yang disediakan selama mudik lebaran.

Sekian info mudik aman berkendara dengan menggunakan motor, tips ini adalah pegalaman pribadi saya yang beberapa kali mudik menggunakan sepeda motor. Jika ada masukan, saran dan usulan dari teman-teman yang ingin menambahkan silahkan isikan komentarnya, terima kasih..:)

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan