Gadget Untuk Kebutuhan atau Gaya Hidup?

Gadget merupakan perangkat mini yang saat ini hampir digunakan oleh banyak orang, hampir bisa dikatakan bukan kebutuhan sekunder lagi tapi lebih menjadi kebutuhan primer. Perangkat yang satu ini sudah banyak mewakili dari aktifitas keseharian kita seperti; komunikasi, browsing, chatting, email dan lain-lain. Bisa dikatakan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi pola gaya hidup seseorang. Terbukti saat saya perhatikan, orang susah untuk melepaskan gadget handphone di dalam genggaman tangannya. Perilaku seperti ini sudah mengubah gaya hidup seseorang, dari yang biasa ngobrol dengan ketemuan langung ternyata terwakilkan dengan komunikasi telepon atau chatting.
Perilaku dengan gadget sudah merambah dan mempengaruhi gaya hidup lifestyle seseorang. 

Bayangkan saja orang bisa memiliki lebih dari satu atau lebih perangkat gadget bukan hanya itu saja gadget yang di gunakanpun selalu mengikuti trend terbaru sudah tentu harga pastis mahal. Semakin baru perangkat gadget yang digunakan semakin orang tersebut mau menunjukan status sosialnya, baik diantara teman-teman sekantornya atapun dilingkungan masyarakat. Perilaku gaya hidup yang sudah terbalik, bukan karena seseorang membutuhkan perangkat gadget seperlunya tetapi malah mau menunjukan siapa jati diri orang tersebut.

Jika kita mau sadar dan mau menggunaan gadget seperlunya dengan tidak berlebihan, ini merupakan contoh tindakan yang  sangat-sangat bijaksana. Perilaku mencukupkan diri, memaksimalkan perangkat gadget dan tidak mengikuti gaya hidup yang konsumtif merupakan beberapa contoh yang semetinya kita kerjakan. Mari belajar bersama-sama untuk mengubah perilaku-perilaku yang tidak baik dan menggantikanya dengan perilaku yang bermanfaat dan berguna.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan