Laptop Mahal dan Bermerk Tidak Jadi Acuan Perpect!

Kali ini saya mencoba mengulas sedikit tentang komputer jinjing atau biasa disebut ‘laptop’, ya.. sekarang laptop bukan barang mahal lagi, hampir bisa dikatakan setiap orang (khusunya pekerja kantor  atau sekolah) sudah banyak yang memiliki dan menggunakannya. Selain disisi praktis yaitu mudah dibawa kemana-mana harganya-pun juga relatif terjangkau. Namun saya bukan mau membahas kelebihan masing-masing merk laptop, tetapi sedikit menggali bagaimana para produsen merakit perangkat tersebut sehingga unit yang akan dijual sudah layak apa belum.

Bayangkan saja ketika saya menerima komplainan laptop dari teman yang mengeluh laptopnya sering mati saat dinyalakan. Waktu dilakukan pengecekan ternyata masalahnya cukup sepele yaitu kabel di ‘socket fan cooler’  tidak tertancap dengan sempurna. Penasaran? Kok, bisa ya.. Laptop yang dijual dan bermerek ‘ternama’ tersebut tidak melalui quality control yang ketat padahal sudah jelas-jelas masih ada segel garansi yang menempel di body casingnya. Fan cooler yang tidak hidup (mati) akan mempengaruhi kinerja komputer, jika suhu melebihi batas akan overload maka secara otomatis cpu akan mati dengan sendirinya.

Kecurigaan saya terbukti setelah mencoba menyalakan berkali-kali langsung otomatis mati, kemudian mencari tahu dengan membongkar body casing-nya terlihat hardware lain seperti hard disk, RAM, dan maindboard tidak masalah. Kemudian dicoba dinyalakan kembali ketahuan bahwa kipas pembuangan tidak berputar, sudah pasti masalahnya ada disitu. Dengan memasang ulang dan merapikan kompunen yang berantakan laptop akhirnya kembali bekerja dengan baik.

Wah, ternyata laptop yang bermerk dan harganya mahal-pun tidak menjadi jaminan seratus persen sempurna. Artinya, pastikan sebelum membeli dan lakukan tes terlebih dahulu, harap dimaklumi bahwa, perangkat tersebut juga diciptakan oleh manusia yang terbatas. Mungkin saja waktu perakitan tidak diperhatikan kerapianya, bisa saja lalai dalam menjalankan prosedurnya. Yuk.. pintar-pintar memilih piranti kesayangan dengan bijak dan cermat, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan