Cara Mudah Membuat Rumus "Terbilang" di Aplikasi Excel

Hampir setiap hari sebagai seorang pekerja yang berhubungan dengan menghitung misalnya, pasti tidak lepas dengan aplikasi yang satu ini. Ya.. Microsoft Excel, aplikasi office yang saben hari digunakan ini ternyata banyak menyimpan fitur-fitur menarik yang sedikit mungkin kita pelajari. Kali ini saya akan membagikan "rumus terbilang", cara ini mungkin sudah banyak dibahas dan diulas oleh teman-teman bloger. Namun kali ini saya akan menambahkan sedikit bagaimana cara men-setingnya, mari kita bahas triknya ;
  1. Langkah pertama download aplikasinya yang langsung bisa diunduh di SINI. Setelah didownload ekstrak file tersebut selanjutnya kita jalankan aplikasi MS Office, sebagai contoh saya menggunakan MS Office 2007. (contohnya seperti gambar dibawah ini)
  2. Buka MS Office kemudian pilih Excel Options
  3. Setelah itu klik Add-Ins lalu pilih Go 
  4. Browse kemudian cari file yang sudah di download tadi "terbilang.xla" lalu klik OK
  5. Maka secara otomatis Add-Ins akan bertambah kemudian klik OK (lihat gambar dibawah)
  6. Langkah kedua adalah mencobanya apakah aplikasi tersebut sudah sukses apa belum. Caranya dengan mengetikan "=terbilang" kemudian pilih Shell mana yang akan di tampilkan nominalnya, contoh (A19)
  7. Dan lihat hasilnya, secara otomatis akan berubah sesuai dengan nominal yang dibawah "shell (A19)"

Cukup mudah bukan? cara ini hampir dipakai untuk mempermudah perumusan dan biasanya dipakai untuk membuat invoice penjualan atau kuwitansi. Oh..iya, jangan lupa aktifkan macro-nya jika tidak di-enable kemungkinan script rumus terbilang tersebut tidak dapat dijalankan. Sekian share dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan