Cara Mengganti Nama dan Password Modem Speddy "TP-Link TD-W8961N"


Akhirnya setelah digoogling ketemu juga yang dicari-cari,  kali ini saya sharingkan cara sederhana merubah setingan modem wifi tp-link. Dari setingan defaultnya (dari Speddy) merubahnya menjadi setingan yang kita mau, dan sebagai contohnya modem yaitu TD-W8961N. Pada halaman setting modem ini kita bisa mengatur berbagai hal seperti mengganti nama wifi, mengganti password wifi, dan setingan lainya. nah.. kali ini saya hanya akan memberi contoh mengganti nama dan password wifi saja.
  •  Langkah pertama, connect-kan device ke wifi atau menggunakan kabel utp. Device disini bisa menggunakan smartphone, laptop, pc atau yang lainnya. Tapi saya sarankan pake laptop atau pc saja biar lebih fleksibel.
  • Kedua kemudian buka browser (bisa menggunakan IE, Mozila, atau Chrome)  dan masuk ke-ip 192.168.1.254 ini adalah nama ip default yang sesuai dengan model modem tersebut, jadi kalau model modemnya berbeda bisa saja ip-nya lain. Kita juga bisa lihat di belakang modem biasanya ada ip deafult yang umumnya;
        192.168.1.1
        192.168.1.254
        192.168.0.1
        192.168.0.254 (tergantung masing-masing modem)

  • Selanjutnya login modem tersebut dengan memasukkan username dan password, isi saja username dengan "support" dan password dengan "theworldinyourhand" (tanpa tanda kutif diatas).
  • Kemudian kita akan dibawa ke suatu halaman pengaturan, karena kita akan mengatur nama dan passwordnya klik saja interface setup, lalu isi SSID dengan nama ‘WiFi GRATIS’ (contoh) yang akan diganti, dan pre-shared key dengan passwordnya ‘12345678’ (rekomendasi hurup dan angka) lalu klik save dan selesai.
Jika internetnya memakai koneksi dari wifi maka secara langsung akan tidak connect karena nama dan passwordnya telah dirubah. Dan jika memakai koneksi kabel maka kembali ke pengaturan selanjutnya dengan merubah posisi DHCP atau mengisikan ip-addresnya. Demikian tip sederhana merubah setingan modem speddy, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan