Tolong Bantu Selamatkan Bumi!

Dunia yang diciptakan Tuhan melalui bumi ini sudah mengalami banyak perubahan, terutama umur bumi yang semakin tua ini. Menurut kutipan dari www.gotquestions.org bahwa usia Bumi sekarang berkisar sekitar 6.000 tahun. Wow, sudah sangat tua sekali ya… Kali ini saya bukan mau membahas masalah usia bumi, tetapi bagaimana cara kita sebagai salah satu makhluk hidup yang tinggal dibumi ini untuk bertanggung jawab melestarikannya.

Bumi yang sudah terpolusi dan tercemar ini sangat membutuhkan peran serta kita ‘manusia’ untuk mengusahakan dan melestarikannya. Lalu bagaimana cara dan bentuk aplikasinya? Mari kita ulas cara-cara yang sebenarnya sangat sederhana namun sangat efektif berikut ini;

Tidak membuang Sampah Sembarangan
Cara yang cukup sederhana, selain membuat lingkungan kita bersih dan melatih diri untuk tertib menempatkan sisa-sisa apa yang sudah kita konsumsi pada tempatnya.

Melakukan tebang pilih dan reboisasi hutan
Hutan adalah sebagai sumber alam yang kaya raya apalagi Indonesia yang begitu banyak dikelilingi dengan hutan, mari kita lestarikan hutan dengan melakukan tebang pilih dan melakukan penanaman hutan kembali ‘reboisasi’ ditempat-tempat yang sudah rusak.

Memakai energi yang ramah lingkungan
Salah satu tindakan yang sering tidak kita sadari adalah memakai sumber daya alam (energi alam) secara berlebihan ‘boros’. Mari kita gunakan peralatan yang ramah lingkungan dan menggunakannya dengan seperlunya.

Mendaur ulang barang-barang yang masih bisa dipakai
Contoh tindakan yang sangat bijak, masih menggunakan peralatan yang masih layak pakai dengan tidak membeli barang-barang baru yang tidak perlu. Salah satu bentuk untuk mematahkan budaya kita yang suka ‘konsumtif’ ini. Hehe…

Memilah sampah organik dana non-organik
Sampah yang berdampak buruk terhadap lingkungan dapat diatur dengan baik jika kita mau sedikit repot untuk memilah-milah mana sampah organik dan mana sampah non-organik.

Membuat sanitasi air yang bersih
Di kota-kota besar seperti Jakarta ini untuk mendapatkan air bersih sangat sulit sekali, beda dengan di daerah-daerah pedesaan. Mari yuk.. bersama-sama menciptakan sanitasi air dengan baik dan benar dilingkungan kita masing-masing.

Demikian ringkasan singkat dan sederhana yang bisa saya bagikan, tidak lengkap rasanya jika teman-teman tidak berbagi untuk melengkapinya. Semua hal bisa kita kerjakan dengan baik jika memulai dengan hal-hal kecil dan suka mengerjakannya, ingat sesudah masa kita ada anak cucu kita yang akan mewarisi alam dan bumi ini. Jangan biarkan mereka mewarisi alam yang rusak, akibat dari tindakan kita. Dan sebagai manusia janganlah serakah kepada alam ini, sadar dan bertanggungjawablah untuk melestarikan ciptaan Tuhan demi generasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan