Cara Mengetahui Kucing yang Sedang Mengandung

Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang binatang kucing. Kucing yang mudah hidup dilingkungan sekitar rumah kita atau peliharaan ternyata banyak hal yang bisa diperhatikan. Konon katanya yang ahli dalam mencuri ‘ikan’ ini banyak hal yang dapat diamati selain lucu dan berisik,  hehe.. ini bukan mau mencari benar atau tidaknya statmen ini. Yuk.. mari kita bahas bagaimana mengetahui tanda-tanda binatang yang satu ini ketika sedang hamil ;

Kenali tanda-tanda kucing yang sedang birahi
Baik kucing yang sedang mengandung atau birahi akan menunjukkan kasih sayang terhadap mahluk hidup yang lain dan putingnya terlihat membesar. Namun, hanya kucing yang mengandung yang akan sangat terlihat menunjukkan kasih sayangnya saat sedang berguling-guling di lantai seperti buah bluberi raksasan di pabrik permen...hehe. Jika kucing yang mengeong dengan keras, ia mungkin hanya sedang birahi. Kucing yang sedang birahi biasanya cara berjalannya juga berbeda, pantatnya naik, dan ekornya sedikit melengkung.

Perhatikan tanda mual muntah di pagi hari
Pada kehamilan usia tiga atau empat minggu, kucing betina terlihat lemah dan menolak makan atau memuntahkan makanannya. Atau mungkin sebaliknya, dia mungkin malah makan sangat banyak. Jika kucing peliharaan kita menolak makan lebih dari dua hari, bawalah ia ke dokter hewan.

Periksalah apakah putingnya lebih besar
Sekitar 35 hari, puting kucing yang mengandung seringkali akan berubah warna menjadi merah mudah cerah. Payudaranya membesar dan keluar cairan susu. Puting yang membesar juga merupakan tanda birahi. Jadi hanya karena putingnya membesar, belum tentu kucing mengandung. Perhatikan tanda-tanda lainnya. Lakukan tes kehamilan untuk memastikannya. Sebagai catatan, kucing mengandung selama 9 minggu. Empat kali lebih cepat dari manusia.

Lihatlah apakah bentuk perutnya seperti “keledai kecil”
Dari samping, kucing yang mengandung seringkali punggungnya terlihat sedikit melengkung dengan perut yang agak bulat dan menonjol. Jika dia gemuk, maka seluruh tubuhnya akan ikut gemuk, termasuk leher dan kakinya. Jika dilihat dari atas, perut kucing yang mengandung seringkali agak setengah menggelembung mulai dari leher sampai ekor. Banyak kucing betina yang memiliki bentuk seperti keledai kecil ini.

Perhatikan perilaku mencari tempat
Kucing akan mencari tempat yang tenang, seperti kloset atau sudut gudang dan mulai memasang selimut, handuk, atau jerami untuk membuat tempat yang nyaman untuk melahirkan anak-anaknya. Anda juga bisa membuat tempat yang empuk dengan menempatkan kardus yang dialasi dengan handuk atau selimut empuk.

Hhhmm.. kira-kira seperti itu ya, kalau kucing sedang hamil hampir mirip-mirip dengan binatang lain. Bagi yang punya peliharaan kucing dirumah wajib, kudu, dan harus baca artikel yang satu ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan