Apa Sebenarnya Tujuan Hoax Itu?

Kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit istilah yang saben hari ditemui tetapi masih simpang-siur apa arti dan maknanya. Setelah membaca dari beberapa artikel dari teman-teman tentang istilah ‘Hoax’ berikut ini saya mencoba menyimpulkan istilah tersebut versi singkatnya.

Hoax (Inggris) artinya  tipuan, menipu, bisa juga diartikan berita bohong (berita palsu) atau kabar burung. Kata hoax sebenarnya muncul pertama kali di kalangan netter Amerika, kata hoax didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul ‘The Hoax’. Jadi dapat dikatakan bahwa hoax adalah  kata yang berarti ‘ketidak benaran suatu informasi’ . Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri, sedangkan hoax menurut Wikipedia "Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa  berita  tersebut palsu. ."

Hoax banyak di sebarkan oleh 'Si Pembuat Hoax' melalui layanan e-mail dan juga banyak tersebar di situs sosial network seperti Facebook atau Twitter, dan sekarang saya sering melihat 'tempat' baru hoax, yaitu di layanan BBM (Blackberry Masangger) pada HP Blackberry. sebenarnya hoax ini tidak terlalu mengganggu, tetapi jika yang menerima berita hoax ini adalah seorang yang paranoid, bisa menjadi sesuatu yang sangat meresahkan.
Untuk lebih mengetahui cirri-ciri  hoax tersebut, berikut ini salah satu diantaranya yang sedikit mirip-mirip;
·   
  •  Didistribusikan via email, bisa juga lewat fitur-fitur lain semacam message, buletin friendster, atau bahkan lewat sms pun sebuah hoax dapat disebarluaskan.
  • Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya, bahkan hoax sering dibuat sebagai lelucon untuk membuat kebingungan, memprovokasi perubahan sosial atau membuat orang-orang waspada akan sesuatu.
  • Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tersebut ke forum yang lebih luas. Hoax ini memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca email ini tanpa meneliti lebih dahulu kebenaran beritanya, langsung segera menyebarkannya ke forum yang lebih luas. Akibatnya lalu lintas peredaran data di internet makin padat dengan berita yang tidak benar.
  • Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.
Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karyanya' beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industri yang berkaitan mengalami kerugian karena produknya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca hoax tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan cross-check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya apalagi langsung memforwardnya.

Demikian sedikit ulasan yang bisa saya bagikan, semoga saja sebelum menerima pesan yang tidak jelas jangan langsung memforwardnya tetapi harus diperhatikan dengan baik-baik apakah itu hoax atau tidak.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan