Tip Sederhana Menentukan Komputer Rakitan

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari membeli komputer rakitan selain harganya jauh lebih murah, kita bisa memilih kompunen sendiri sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk lebih jelasnya berikut ini tip memilih komputer rakitan yang bisa dijadikan referensi;


Sesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari

Sebelum membeli komputer rakitan ada baiknya kita menyesuaikan komputer rakitan tersebut dengan kebutuhan kita sehari-hari. Hal ini dilakukan agar kita tidak kerepotan nantinya. Misalnya kebutuhan sehari-hari kita adalah gaming. Komputer gaming memerlukan spesifikasi yang tinggi, dan jangan sampai kita membeli komputer rakitan dengan kebutuhan standar (untuk mengetik, dan mengakses internet). Karena jika kita lakukan itu, kita akan mengeluarkan biaya tambahan yang banyak agar keperluan gaming kita terpenuhi, misalnya untuk meng-upgrade beberapa hardware.

Menentukan budget dengan komputer rakitan yang ingin dibeli

Selain kebutuhan, kita juga harus menyesuaikan uang kita dalam membeli komputer rakitan. Untuk komputer rakitan dengan spesifikasi tinggi (biasa digunakan untuk gaming, video editing, dll) biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi karena komponen-komponen yang dirakit dalam komputer rakitan tersebut lumayan mahal. Sedangkan jika kita ingin membeli komputer dengan spesifikasi standar (untuk mengerjakan tugas, mengakses internet, mendengarkan musik) biasanya biayanya relatif lebih murah.

Menentukan komponen yang akan dibeli

Jika kita membeli komputer rakitan, biasanya kita bisa memesan kepada toko tersebut untuk menentukan komponen yang akan dirakit dalam komputer tersebut. Komponen yang bisa kita pilih antara lain CPU, Mainboard, Memory, Harddisk, VGA, dll. Kita juga bisa membeli keperluan tambahan seperti keyboard, mouse, speaker dan yang lainnya. Ingat sesuaikan budget anda dalam membelinya.

Mencari informasi tentang review komputer

Sebelum membeli komputer rakitan, tidak ada salahnya untuk mencari informasi-informasi tentang komputer, komponen komputer, dan apa merk yang bagus untuk komputer. Hal ini dilakukan agar anda tidak dibodohi oleh toko yang merakit komputer. Anda bisa mencari informasi-informasi tersebut di internet atau juga bisa bertanya kepada teman anda yang paham tentang dunia komputer khususnya hardware.

Mencari toko yang terpercaya dan berpengalaman

Setelah anda sudah siap untuk membeli komputer rakitan, langkah selanjutnya adalah mencari toko untuk membeli komputer rakitan tersebut. Carilah toko yang memang memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Anda bisa bertanya kepada teman anda yang pernah membeli komputer rakitan dimana toko yang menjual komputer rakitan yang bagus. Biasanya toko yang bagus akan memasang garansi terhadap komputer rakitan tersebut.

Demikian yang bisa saya bagikan, jika ternyata rakitan jauh lebih murah dan lebih puas kenapa tidak pilihan ini menjadi standar untuk menentukan komputer yang akan dibeli.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan