GPU NVidia Pascal Memiliki 2 Kali Lipat Transistor dibanding Titan X & Kapasitas Memori Raksasa?

Nvidia Pascal memang pernah dipresentasikan oleh Nvidia, namun kami baru saja mendapati laporan mencengangkan dari Fudzilla yang menyajikan angka jumlah transistor dari NVIDIA Pascal GPU yang mencapai 17 miliar transistor, yang berarti dua kali lipat lebih dibanding pendahulunya yang merupakan kartu grafis tercanggih saat ini yaitu Maxwell Titan X GM200.
GPU Pascal akan menggunakan proses produksi 16 nm FinFET yang merupakan peningkatan lebih baik dibanding pendahulunya Titan X yang masih menggunakan proses produksi 28 nm.

Selain itu Pascal pun akan menggunakan HBM (High Bandwith Memory) yang bisa mencapai angka total memori sebesar 32GB dengan menggunakan HBM generasi ke dua pada model paling tinggi yang ditawarkan nantinya, yang merupakan peningkatan sangat signifikan dibandingkan Titan X yang maksimum menggunakan memori 12GB.

HBM2 memungkinkan kartu grafis dengan 2 kartu HBM 2.0 dengan 4GB per chipnya atau 4 kartu HBM 2.0 dengan masing-masing 8GB sehingga kita bisa menggunakan 16GB atau 32GB sekaligus tergantung model yang ditawarkan nantinya. Total bandwith yang mungkin didapat bisa mencapai 1GB/detik untuk model dengan memori 32 GB

Dengan peningkatan proses produksi pada arsitektur Pascal yang menggunakan 16nm maka kita akan mendapati peningkatan daya signifikan namun bisa mencapai ukuran GPU yang bisa saja lebih kecil serta penggunaan daya yang lebih hemat.

Peningkatan performa bisa mencapai 50% dibanding GTX 980 Ti yang juga sudah melampaui kecepatan AMD Radeon R9 Fury X.

Kemungkinan Pascal akan hadir pada tahun 2016 kuarter kedua, jadi bagi Anda yang membutuhkan kartu grafis super untuk bekerja atau main game, silakan menabung terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan