Inilah Dampak Negatif Akibat Sering Menggunakan HP

Setelah membaca beberapa artikel dari para bloger tentang dampak negatif dari telepon seluler atau HP jadi was-was dan lebih berhati-hati. Perangkat gatget yang satu ini hampir dikatakan semua orang rata-rata memakainya bahkan ada yang lebih dari satu. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa telepon seluler (ponsel) telah banyak memberikan berbagai kemudahan bagi manusia khususnya komunikasi. Dan mungkin bisa dikatakan dimana orang beraktifitas sehari-hari pasti tidak terlepas dengan ponsel mereka. Meski banyak diperdebatkan, banyak kalangan khawatir akan dampak negatif dari radiasi yang ditimbulkan namun sepertinya itu tidak menghalangi para pengguna HP terus bertambah. 

Menurut penelitihan dari salah seorang peneliti di India Prof Girish Kumar yang menegaskan adanya ancaman kanker terutama pada anak dan remaja. Prof Kumar juga mengatakan bahaya "radiasi juga terdapat di sekitar menara Base Transceiver Station (BTS)". Satu BTS bisa memancarkan daya 50-100W, negara yang punya banyak operator seluler seperti Indonesia dan India bisa terpapar daya hingga 200-400W, radiasinya tak bisa dianggap remeh bisa sangat mematikan. 

Wow.. ternyata tanpa kita sadari sangat membahayakan sekali, agar lebih waspada dan lebih hati-hati berikut ini sejumlah dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat radiasi yang berlebihan dari ponsel;
  • Sudah pasti reisiko kanker otak pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Penggunaan ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli).
  • Frekuensi radio pada ponsel bisa menyebabkan perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu kanker. Dan frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan (live saving gadget) seperti alat pacu jantung, akibatnya bisa meningkatkan risiko kematian mendadak. 
  • Emisi dan radiasi ponsel bisa menurunkan kekebalan tubuh karena mengurangi produksi melatonin. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan persendian serta memicu rematik. 
  • Medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala bisa memicu kerusakan sistem syaraf yang berdampak pada gangguan tidur. Dalam jangka panjang kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan. 
  • Yang terakhir yang mungkin tidak disadari bahwa, penggunaan ponsel terlalu bisa mengakibatkan terbuangnya waktu. Apalagi jika sedang asik online chatting :).
Harap kita harus pintar-pintar mengatur dan menggunakan ponsel dengan baik, bukan hanya saja untuk kebaikan saja tetapi jauh dari itu kita sudah memperhatikan kesehatan tubuh.

No comments:

Post a Comment

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan