Monitoring CCTV Menggunakan Media Hand Phone

Sobat Kriteria, kali ini tema kita akan membahas monitoring cctv dengan menggunakan media handphone. Caranya cukup mudah degan menyediakan aplikasi hardware seperti; kamera webcam, satu unit PC/Laptop, koneksi internet dan handphone. Software kali ini yang akan digunakan adalah "Mobiscope". Untuk aplikasi dikomputer Kriteriaku harus instal dulu Mobiscop Desktop for Windows dan untuk dihandphone harus instal Mobiscop Desktop for Java atau android yang bisa didownload disini. Langsung saja untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Langkah pertama,

Instal program Mobiscop Desktop for Windows yang sudah didownload ke komputer, setelah selesai instal lakukan registrasi program tersebut, ingat! usahakan untuk melakukan registrasi secara manual dengan memasukan nama dan alamat e-mail.

2. Langkah kedua,

Pada langkah selanjutnya diharuskan mengisi "password" untuk keamanan pada saat log-in.

3. Langkah ketiga,

Instal Mobiscop for Android atau iOS ke handphone, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk sistem operasi berbasis symbian dulunya tapi sekarang sudah support semuanya, dengan menggunakan program PC Suite lakukan instalasi mobiscop pada handphone.

4. Langkah keempat,

Setelah Sobat Kriteriaku selesai instal program mobiscop baik di PC maupun di handphone, langkah selanjutnya adalah melakukan seting dengan mensinkronisasikan (synchronizes) antara hasil video dikamera cctv (komputer) dengan hanphone sehingga memiliki persamaan.
5. Langkah kelima,

Masukan kode "computer number" yang ada pada program mobiscop (dikomputer) ke aplikasi mobiscop yang ada pada handphone.

Caranya :

* Pilih New dimenu Option, kemudian masukan Computer number (contoh; 20000602).
* Isikan Description (contoh; Video-Webcam).
* Kemudian Save dan pilih menu Conect to computer


Seperti contoh gambar dibawah ini, terlihat hasil dari penggabungan antara kamera yang ada dikomputer dengan handphone, sedikit masukan ketepatan antara video dikomputer dengan dihandphone ada sedikit keterlambatan (delay) tergantung koneksinya.
Cukup mudah bukan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat Kriteriaku semua. Selamat mencoba dan jika Sobat Kriteriaku mengalami kesulitan bisa meninggalkan pesan untuk bisa diulas kembali. Terima kasih.

10 comments

  1. Thank's ya Gan... Atas infonya.. Bagus banget tuh, buat dicoba.

    ReplyDelete
  2. link file downloadnya dah terhapus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diupload ulang, silahkan download aplikasinya. Free...

      Delete
  3. maaf gan aplikasi ini berbayar ya

    ReplyDelete
  4. mantap gan.. terimakasih......

    ReplyDelete
  5. koq dari hp nya ga bisa conect ke kmputer y mas?

    ReplyDelete

Silahkan teman-teman memberikan komentar, kritik dan saranya.

 

Iklan